Kamis, 16 Juni 2011

Audiensi Dana Kemahasiswaan

    Kamis 16 Juni 2011, Departemen Dalam Negeri BEM Kema Fapet Unpad menyelenggarakan Audiensi Dana Kemahasiswaan bersama Pembantu Dekan III, Dr. Ir. Rahmat Hidayat, M.S. Acara yang diselenggarakan di ruang seminar 2 gedung 1 Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran ini, dimulai pukul 13.35 WIB hingga pukul 15.47 WIB. Acara ini merupakan agenda pertama Dagri BEM Kema Fapet Unpad yang diselenggarakan dengan tujuan transparansi yang jelas untuk seluruh mahasiswa Fapet. Dari audiensi yang dihadiri oleh para pengurus BEM Kema Fapet Kabinet SATU, pengurus BPM, serta perwakilan-perwakilan mahasiswa Fapet Unpad ini menghasilkan transparansi anggaran sebagai berikut.

Sumber Dana
Sumber dana sebagai pemasukan anggaran kemahasiswaan didapat dari PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). PNBP ini dipasok ke berbagai Universitas, termasuk Universitas Padjadjaran yang kemudian didistribusikan ke seluruh fakultas, yaitu 16 fakultas di Unpad. Di tingkat fakultas, kemudian dikelola oleh bendahara fakultas untuk kemudian diposkan untuk tiap-tiap bagian.

Dasar Perhitungan Jumlah Dana
Dasar perhitungan jumlah dana, dialokasikan sebagai berikut.
Sampai dengan tahun 2011          = Jumlah maba x Rp 500.000,-
Mulai tahun 2010                         = Jumlah mahasiswa aktif x Rp 100.000,-

Cara Pengambilan Dana

Unpad     --->    Fapet





 SPK:
·         PPN                                       10%
·         PPH                                        1,5%
·         Rekanan                                  5%
·         Panitia pengadaan                    5%

Peruntukan Kegiatan yang menunjang IKK
1.       BEM Kema Fapet Unpad
Dana yang dialokasikan kepada BEM, merupakan prioritas utama yang menunjang berbagai kegiatan kemahasiswaan, sehingga BEM pun dapat mengalokasikan dana kepada pihak lain jika membutuhkan.
2.       PMB
3.       UKM-UKM fakultas
4.       Pemilihan Mawapres (mahasiswa berprestasi), baik tingkat fakultas, Universitas, maupun nasional.
5.       PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa)
6.       Pameran ilmiah
7.       Peningkatan dan pengelolaan beasiswa
   Dalam audiensi tersebut, Pak Rahmat Hidayat menegaskan bahwa laporan pertanggungjawaban (LPJ) setiap kegiatan yang telah terselenggara, harus diserahkan ke PD III atau SBK maksimal dua minggu setelah pelaksanaan kegiatan. Apabila laporan belum masuk, maka tidak boleh ada kegiatan berikutnya. Semangat terus BEM Kema Fapet Unpad kabinet SATU!
  
Reported by: (Fida Hafiyyan Nudiya) Medfominkom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar